top of page

Makanan Khas Bangka Paling Enak dan Lezat

Jika kamu berada di Indonesia, tidak ada salahnya jika kamu mencoba resep-resep makanan khas Indonesia. Makanan tersebut banyak tersedia di rumah makan di sekitar kamu. Pada kesempatan kali ini akan membahas kumpulan makanan khas Indonesia. Mungkin dapat memberikan gambaran kepada kamu tentang belanja makanan makanan-makanan yang ada di Indonesia. Berikut ini daftar atau kumpulan makanan khas indonesia paling terkenal yang wajib kamu coba.



Mie Bangka


Makanan khas Indonesia ini adalah makanan yang sudah banyak orang yang tahu. Mie Bangka termasuk dalam jenis makanan yang di favoritkan di Indonesia. Nama dari Mie Bangka yang berasal dari Pulau Bangka ini, di masak dengan cita rasa yang sangat enak.


Mie Bangka ini di buat dari mie kuning basah yang di campurkan dengan kuah berbumbu dengan cita rasa yang lezat. Biasanya sih bumbu kuah yang di gunakan untuk campuran Mie Bangka ini terbuat dari cumi, udang, kepiting atau ikan. Saat penyajian dari Mie Bangka ini biasanya di tambahkan kecambah, kerupuk dan mentimun. Buat yang suka dengan rasa pedas, kamu bisa menambahkan cabai atau sambal sesuai dengan selera. Sepertinya Mie Bangka ini enak banget di santap saat masih hangat.



Bandeng Presto


Makanan Indonesia satu ini sampai ada lagunya, salah satu liriknya adalah”Bandeng Presto Nikmat Sekali”. Mungkin itu adalah sepenggal lirik dari lagu Bandeng Presto.

Bandeng Presto yang kita bahas di ini bisa memanjakan lidah orang yang mencicipinya.


Makanan khas yang berasal dari Semarang ini sesuai dari namanya. Yakni ikan Bandeng yang di masak dengan presto atau sebuah panci yang mempunyai tekanan tinggi.

Sehingga membuat ikan bandeng tersebut menjadi lunak, baik dagingnya atau bahkan duri dari ikan bandeng itu sendiri.


Jadi kamu tidak perlu kwatir kena duri ikan saat menyanyap Bandeng Presto ini. Biasanya di Bandeng Presto ini di hidangkan bersama dengan nasi hangat dan sambal terasi. Untuk soal rasa, di jamin deh kamu akan ketagihan lagi untuk menghajar Bandeng Presto ini.



Siomay


Makanan yang satu ini adalah makanan berjenis camilan yang enak berasal dari Indonesia. Makanan dengan nama beken Siomay, saat ini sudah banyak di modifikasi. Hal ini karena saking populernya makanan bernama Siomay ini di tengah-tengah masyarakat.


Beberapa daging yang kerap menjadi bahan dasar dari pembuatan Siomay adalah ayam, kepiting, udang, ikan tenggiri dan lainnya. Adonan tepung tapioka yang di campurkan dengan bahan-bahan untuk pembuatan Siomay. Setelah itu dengan menggunakan tepung kulit dari tepung terigu, Siomay siap untuk di kukus.


Biasanya saat penyajian, Siomay di hidangkan bersama dengan saus kacang atau bumbu kacang. Saus tersebut di buat dari beberapa bahan seperti bawang putih, gula pasir, cabai, cuka dan garam dapur. Jangan lupa juga untuk mencampurkan dengan kecap dan saus tomat sesuai dengan selera.



Sop Buntut


Masakan khas Indonesia yang berikutnya akan menjadi fokus kita di adalah Sop Buntut. Ternyata dulu Sop Buntut ini sempat redup namanya dari para pencinta makanan Indonesia. Akan tetapi mulai tahun 1973 yang lalu Sop Buntut mulai naik lagi ratingnya.


Sebenarnya Sop Buntut adalah sebuah makanan yang di buat dengan bahan dasar daging sapi yang di masak dengan cara di bakar. Setelah daging di bakar langkah selanjutnya adalah mencampurkannya dengan sop berbumbu khusus yang sedap banget.


Sop Buntut cocok banget jika di santap bersama dengan nasi putih, jeruk nipis, sambal dan jangan lupa tambahan sedikit acar. Tentu setiap kunyahan dalam mulut kamu akan menghasilkan rasa yang tidak mudah di lupakan.



Sambal Terasi


Buat para pencinta pedas, nampaknya Sambal Terasi ini sudah tidak asing lagi di kunyahan mereka. Nama Sambal Terasi sudah sangat terkenal di bagian Indonesia sebelah mana saja sudah menggelegar namanya. Karena juga Sambal Terasi mempunyai cita rasa yang sangat lezat dan pedas.


Memang fungsinya hanya sebagai makanan pelengkap. Tapi banyak pencinta makanan pedas berpendapat jika makan kurang lengkap tanpa Sambal Terasi. Bahkan karena populernya Sambal Terasi, banyak lho rumah makan yang juga menyajikan Sambal Terasi ini.


Ada banyak jenis lauk yang pas banget jika di sandingkan dengan Sambal Terasi. Sebut saja seperti tempe goreng, ikan goreng, ayam goreng dan beberapa jenis lalapan lainnya. Bahkan banyak rumah makan yang berupaya untuk membuat Sambal Terasi paling enak untuk memanjakan lidah penikmat makanan pedas.



Tempe


Makanan khas Indonesia satu ini tentu semua orang di Indonesia sudah tahu bentuk dan rasanya yang memasyarakat. Tempe merupakan makanan yang di setiap rumah tangga ada, bahkan bisa jadi makanan pokok keluarga di Indonesia. Makanan ini berasal dari bahan dasar kedelai, kini menjadi menu sarapan yang sering di temukan di setiap rumah orang Indonesia.


Bahkan ada seorang sejarawan yakni Ong Hok Ham yang mengatakan jika tempe merupakan sebuah sumbangan dari Jawa untuk Dunia. Ini merupakan pernyataan yang sangat keren bukan? Sumbangan dari Jawa untuk Dunia. Saat ini banyak produsen tempe tersebar di seluruh Indonesia yang siap memanjakan lidah masyarakat Indonesia.



Gohu Ikan


Yang satu ini sepertinya sudah tidak asing lagi deh buat para pencinta makanan berbahan dasar ikan. Pasalnya makanan bernama Gohu Ikan ini sangat terkenal dan populer di seluruh Indonesia. Kamu bisa sebut Gohu Ikan ini sashimi-nya Indonesia ya? katanya sih gitu.


Makanan yang sangat terkenal di Ternate ini menggunakan bahan dasar ikan tuna mentah. Makanan ini di olah dengan cara daging tuna yang di potong kecil-kecil.

Setelah itu di tambahkan dengan menggunakan perasan lemon dan jangan lupa di kasih garam biar asing dikit.


Beberapa bahan lain seperti bawang merah, daun kemangi dan cabe rawit di tumis dengan menggunakan minyak kelapa. Setelah tumisan matang, kamu bisa menuangkan tumisan tersebut di atas potongan ikan tuna tadi. Pastinya makanan unik yang berasal dari Indonesia ini sangat lezat.



Ikan Bakar Colo-Colo


Makanan khas Indonesia yang berikutnya akan menjadi bahasan kita di adalah Ikan Bakar Colo-Colo. Ramanya juga tidak kalah dari makanan lain yang ada di Indonesia. Mempunyai cita rasa yang sedap gurih membuat Ikan Bakar Colo-Colo ini di nantikan penggemarnya.


Bahan dasar dari Ikan Bakar Colo-Colo ini adalah ikan tongkol. Setelah itu di tumis dengan bumbu khusus, setelah di tumis kemudian di bakar. Pasti rasanya bisa menggoyang lidah kamu. Terlebih lagi kamu pencinta makanan berbahan dasar ikan tongkol.


Saat penyajiannya sih biasanya di tambahkan juga sambal khusus untuk Ikan Bakar Colo-Colo ini. Sambal tersebut di buat dari tomat hijau, bawang, cabe dan jangan lupa pula di tambahkan penyedap rasa. Bayangin aja, ikan tongkol bakar di padukan dengan sambal yang super mantap, gimana tuh?



Mie Telor


Masakan khas Indonesia yang satu ini tenar dengan nama Mie Telor. Pada tahu kan dengan makanan yang sangat populer ini? Mie Telor merupakan mie yang di celupkan ke dalam air panas, jadi nantinya akan di berikan beberapa campuran lainnya dalam Mie Telor.


Beberapa campuran yang akan membuat ramai rasa dari Mie Telor ini ada banyak. Sebut saja seperti irisan daging udang rebus, telur ayam rebus, tauge kukus dan di siram dengan kuah campuran santan, bumbu khusus dan kelapa udang. Tidak lupa nantinya Mie Telor ini akan di beri beberapa sentuhan untuk di taburkan di atasnya yakni seledri dan bawang merah goreng. Pastinya untuk masalah rasa, Mie Telor ini merupakan masakan khas Indonesia yang sangat enak.



Rujak Cingur


Siapa sih yang tidak mengenal makanan Indonesia yang sangat populer ini. Rujak Cingur sudah sangat terkenal sejak dulu. Terlebih lagi buat para pencinta kuliner, pastinya sudah pernah dong mencicipi lezat dan nikmatnya sajian olahan khas Indonesia ini.

Memang Rujak Cingur merupakan makanan tradisional Indonesia. Cingur sendiri sebenarnya mempunyai arti mulut dalam hal ini adalah mulut sapi.


Jadi nantinya rujak akan di campurkan dengan irisan mulut sapi yang jika di kunyah rasanya lezat banget. Rujak Cingur di dalamnya terdapat beberapa bahan. Adapun bahannya seperti timun, tahu, lontong, bendoyo, tempe, kecambah, kacang panjang, kangkung dan cingur sapi.


Nantinya semua bahan tersebut akan di campurkan dengan bumbu yang telah di ulek dengan cita rasa yang khas. Untuk bumbu uleknya sendiri di dalamnya terdapat beberapa bahan. Sebut saja seperti garam, bawang goreng, kacang tanah yang telah di goreng, cabai, petis udang, air sedikit, gula merah dan pisang klutuk.



2 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page